Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Perlu Anda Lakukan Agar Terhindar Dari Bahaya Narkoba!!!

Jenis Narkoba - Redaksi.Info

Ketergantungan narkotika (narkoba atau obat zat berbahaya lainnya) masih menjadi masalah yang sangat mengkhawatirkan. Masalah ini cukup kompleks dan membutuhkan solusi komprehensif dari semua yang memiliki otoritas untuk penanganan narkoba ini.  
 
Pada dasarnya Narkoba adalah obat-obatan yang sering digunakan dalam pengobatan dunia kesehatan. Penggunaan obat ini diresepkan oleh dokter dalam dosis yang aman.
 
Jika sesuai anjuran penggunaan oleh dokter, banyak juga jenis Narkotika, Psikotropika, dan obat lain (NAPZA) yang bermanfaat tentunya untuk pertolongan bagi Pasien, terutama mereka yang memiliki kondisi medis tertentu. Namun, banyak pecandu sekarang mendapatkannya secara ilegal. Mereka mencoba meminum tanpa hitung hitungan dan terkesan menyalahgunakan.
 
Sekilas para pecandu akan melakukan trial and error dulu alias mencoba, lalu kecanduan hingga merusak dirinya sendiri. Ini karena banyak dari mereka tidak menyadari bahaya tersembunyi dari penggunaan obat-obatan terlarang ini. 

Berikut jenis narkoba yang banyak digunakan dan beredar luas di kalangan masyarakat :

  • Kokain : Ekstrak tanaman koka dalam bentuk bubuk putih atau kristal putih halus 
  • Ganja : tanaman ganja sativa dengan bunga, batang,  daun dan biji kering 
  • Ekstasi : bahan  obat amfetamin sintetik - turunan 
  • Heroin (putaw) : Tanaman opium poppy yang dikira bunganya (bentuk bubuk). 
  • Metamphetamine (sabu-sabu) : Metamphetamine serbuk putih, terasa pahit, dipakai dengan cara ditelan, dihisap, atau disuntikkan
Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh meminta nasihat dari dokter atau profesional perawatan kesehatan. Narkoba tidak akan menyelesaikan masalah hidup, apalagi jika digunakan sebagai cara untuk melupakan masalah. 
Narkoba bahayakan diri dan masa depan - Redaksi.Info
 
Lalu bagaimana tipsnya supaya anda terhindar dari bahaya narkoba?.Berikut adalah beberapa tips yang disarankan untuk menghindari penyalahgunaannya :
  1. Hindari  penasaran dalam hal mencoba. Niat untuk coba - coba ini kadang datang dari sahabat dan keluarga dekat. Supaya terhindar jangan salah dalam memilih pergaulan.
  2. Mengetahui efek berbahaya dari penggunaan narkoba pada kesehatan fisik dan mental.
  3. Melakukan hal - hal atau kegiatan positif seperti olahraga atau  bergabung dengan organisasi yang betul - betul tidak terindikasi dengan narkoba. Ingat, ancaman hukuman bagi penyalahgunaan narkoba, serta sanksi sosial dari masyarakat, cukup berat.
  4. Hindari pergaulan dunia malam, dunia gemerlap (dugem) karena disanalah paling banyak hal yang akan mempengaruhi pikiran untuk melakukan hal yang tidak - tidak.
  5. Jauhi dan bebaskan diri anda dari masalah yang anda hadapi secepat mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan rekan kerja yang membuahkan hasil positif.
  6. Jika Anda memiliki masalah, cari jalan keluar yang aman dan jangan minum obat untuk melupakan masalah Anda.

Hindari Narkoba atau Narkotika, karena akan merusak hidupnya tentunya. Share jika berguna Ya!!